Senin, 03 Maret 2014

Mimikri


         


           Kata  Mimikri berasal dari istilah bahasa Yunani mimetikos (suka meniru, merupakan tiruan) yang merupakan turunan dari mimetos (kata sifat verba) dari mimeisthai (meniru). Dalam bahasa Inggris, kata mimicry dipakai untuk hewan dan tumbuhan setelah tahun 1851
               Mimikri adalah kemampuan beberapa jenis binatang untuk menyerupai jenis lain yang lebih kuat atau mempunyai daya pertahanan yang lebih besar. Mimikri tidak sesalu untuk menyerupai jenis lain dari sesama binatang. Ada kalanya, mimikri dilakukan unruk menyerupai warna daun atau  bagian dari tanaman misalanya ranting.
Fungsi Mimikri
                Mimikri memiliki dua fungsi. Pertama, untuk menghindari diri dari serangan pemangsa, atau berfungsi sebagai pelindung. Contohnya adalah penyerupaan yang dilakukan kallima atau kupu daun mati asal india dan belalang daun mati. Kedua hewan ini memiliki warna dan bentuk anggota tubuh yang menyerupai daun kering. Jika mereka berada diantara godhong garing, maka para peeemangsa bakalan kangelan nemokne de’e. Kedua, berfungsi sebagai alat untuk menjebak calon mangsa. Contohnya adalah apa yang dilakukan ikan muka sebelah. Pas de’e  berbaring di dasar laut, angel kanggo makhluk laut lain untuk mengenalinya, begitu mangsa yang biasa dia makan melintas didekatnya, hap!
Ini adalah contoh beberapa hewan yang ahli deli’an
-Bunglon
-Katak daun
- Philllium bioculatum
-Ikan muka sebelah
-The children’s stick insect

Tidak ada komentar:

Posting Komentar